Tips menjadikan ponsel mempunyai nilai kegunaan lebih

Wednesday, February 13, 2008 Posted by the fikre

*ditulis berdasarkan pengalaman pribadi Dewasa ini hampir setiap rumah tangga dan individu mempunyai ponsel yang mungkin bisa lebih dari satu buah. Tetapi aku yakin tidak semuanya bisa menggunakan ponsel secara optimal alias digunakan hanya utk menelpon dan sms doang selain barangkali dijadikan alarm sebagai pengganti weker. Padahal kalo dilihat dari harga, model dan keluarannya, bisa jadi harga nya wah, dengan model dan keluaran terbaru. Tetapi itu tidak menjamin bahwa ponsel tersebut ditangan pemiliknya bisa mempunyai kegunaan lebih dari sekedar utk sms, menelpon, mendengarkan musik dan nonton film. Berikut adalah tips menjadikan ponsel anda mempunyai nilai lebih dari sekedar utk bicara dan sms-an yaitu utk browsing (konek internet) alias ngenet. Syaratnya adalah ada feature GPRS serta Aplikasi Java di dalamnya.
Apabila feature GPRS belum diaktifkan sesuai dengan simcard yg digunakan, maka langkah pertamanya adalah dengan men-setting gprs dengan menghubungi operator yang bersangkutan agar bisa konek internet. Hal ini mengingat masing2 ponsel mempunyai settingan yg berbeda2. Setelah itu maka anda sudah bisa konek internet. Tetapi itu saja belum cukup, karena paling2 anda hanya bisa mengakses Yahoo, Google (front page) serta situs yang menyediakan layanan wap seperti wap.detik com dsb.
Agar anda bisa mengakses internet via ponsel dengan tampilan layaknya di warnet atau di computer (PC atau Laptop), maka ponsel anda harus dilengkapi dulu dengan software untuk browsing.
Opera Mini v.4 adalah salah satu software yang sangat pas sekali utk di-install di ponsel anda. Berikut adalah tips utk menginstal software aplikasi Opera Mini dengan cara down load sehingga bisa langsung menyesuaikan dengan merk dan type ponsel anda.
Pada merk dan type ponsel tertentu, setting gprs dan opera mini sudah tersedia, tinggal bagaimana kita menggunakannya saja sesuai simcard yg kita gunakan.
Apabila setting gprs sdh oke dan software opera mini belum terinstal, silahkan coba tips berikut :
Masuk ke menu internet service / webacces melalui ponsel anda -Ketik wap.getjar.com tekan Ok/pilih/select -Klik/pilih QUICK DOWNLOAD -Masukkan kode akses : (apabila belum berubah maka utk hampir semua merk/type ponsel yg beredar di Indonesia) kode aksesnya 4985 (untuk melihat kode akses terbaru sesuai dengan merk/type ponsel anda silahkan Klik New Gadget di kolom “link to” dari halaman ini. -Klik/Pilih Opera Mini 4 -Klik/Pilih “download to mobile”
Tunggu sampai dengan proses download dan installing secara otomatis selesai kemudian ikuti perintah simpan dan pilih di folder mana akan anda simpan (folder utk menyimpan aplikasi Opera Mini tergantung dengan merk/type ponsel). Umumnya akan ditempatkan di folder Aplikasi atau Game.
Selanjutnya Run atau Jalankan aplikasi Opera Mini 4 utk proses verifikasi lebih lanjut sebelum aplikasi tersebut secara penuh akan dapat digunakan di ponsel anda. Apabila proses verifikasi sdh selesai, maka saatnyalah anda memasuki dunia maya tanpa batas ruang dan waktu.
Hanya satu yang menjadi pembatasnya, yakni ketersediaan pulsa anda.
Selanjutnya setiap kali anda ingin browsing, klik dulu "opera mini", silahkan ketik alamat yang akan anda kunjungi di kolom yang bertuliskan : www, maka anda bisa ber-email & berbrowsing ria.
Bila anda punya cukup waktu, silahkan pelajari feature yang tersedia di opera mini, pasti bermanfaat dech. Selamat ber browsing ria dengan ponsel anda, nikmati petualangan di dunia maya dan sekarang “dunia ada digenggaman anda”.
Semoga tips di atas bermanfaat.
Catatan : Pada beberapa type ponsel, proses download bisa berhenti di tengah jalan dan muncul comment “ file too large “ atau comment yang lainnya.
Untuk itu cobalah down load opera mini versi sebelumnya (opera mini 3.1) atau silahkan kontak ke customer service dari merk ponsel anda.
Ntar kalo ada kesempatan akan aku coba tulis tips menggunakan koneksi bluetooth ke PC untuk koneksi internet via ponsel. Dengan kata lain, koneksi internet dengan menggunakan ponsel sebagai modem sementara display-nya kita menggunakan PC.
Dan tidak kalah penting, semoga aku bisa ngasih informasi tentang tarif koneksi gprs yang murah.

0 comments: