berbagi untuk hari esok

Tuesday, October 28, 2008 Posted by the fikre

Sudah beberapa lama aku ingin meng-update blog ini dengan tulisan tentang kegiatan yang dilaksanakan Pelangi Nusantara, TPA dimana mas Fikri bermain dan belajar setiap harinya. Hanya saja karena masalah klasik (kagak puny ide) alias belum ada inspirasi dan topik yang pas untuk dituliskan maka keinginan itu tidak kunjung terealisasi. Bertepatan dengan bulan Romadlon 1429H kemarin, pada tgl 21 September 2008 atas kerjasama antara Pelangi Nusantara dgn wali murid, diadakanlah acara buka bersama dan penyaluran zakat fitrah yang melibatkan Pelangi Nusantara, wali murid serta warga Deliksari yang tinggal di sekitar Sanggar Belajar.
Karena terinspirasi oleh eksistensi dari Sanggar Belajar di Deliksari tersebut, maka aku buat tulisan ini, sebagai bentuk dukungan  immaterialku terhadap keberadaannya di tengah-tengah kaum marginal. Sanggar belajar itu merupakan binaan PN yang merupakan sekolah alam atau sekolah terbuka yang diperuntukkan bagi anak-anak usia dini yang tidak mempunyai kesempatan untuk belajar di sekolah formal karena kemampuan finansial orang tuanya. Melalui sanggar belajar tersebut, anak2 yang karena keterbatasan orang tuanya, mempunyai kesempatan untuk belajar dan bermain layaknya anak-anak usia dini pada umumnya. Peran Pelangi Nusantara dalam mendukung keberadaan sanggar belajar di Deliksari dan masyarakat sekitarnya memang tidak hanya melalui jalur kelembagaan tetapi juga melibatkan orang tua/wali murid TPA Pelangi Nusantara, baik secara langsung maupun tidak langsung. Saling berbagi, begitulah kira-kira kata-kata singkat yang aku maksudkan dengan keterlibatan orang tua/wali murid Pelangi Nusantara dalam perannya mendukung keberadaan sanggar belajar tersebut.
Semoga kegiatan di atas bukan hanya sebuah kegiatan seremonial belaka yang diadakan bertepatan dengan hari besar agama kita. Harapannya semoga kegiatan2 diluar kegiatan akademis dari lembaga pendidikan anak usia dini Pelangi Nusantara, mempunyai dampak positif terhadap warga di sekitar sanggar belajar di Deliksari pada khususnya dan keberadaan Pelangi Nusantara pada umumnya. Terutama dalam memberi kesempatan kepada anak-anak usia dini dari golongan marginal untuk bisa mengenyam pendidikan dasar tanpa harus mengeluarkan biaya yang memberatkan dan membebani orang tua secara ekonomi. Amin Mari berbagi untuk pendidikan yang lebih baik bagi anak2 usia dini. Kalau tidak dimulai dari dini…lalu kapan lagi????
diantara nyanyian alam kawasan lembah sekaran tulisan ini aku publikasikan

0 comments: